Anda Harus Tau 4 Teknologi Kedokteran ini yang Banyak Membantu Kehidupan Manusia

Teknologi kedokteran modern
Ilmu kedokteran modern semakin berkembang dengan di temukannya beberapa alat dan teknologi canggih. Alat berteknologi canggih dan modern memungkinkan seorang dokter mengenali penyakit lebih dini, cepat dan akurat. Dengan teknologi modern, pengobatan penyakit menjadi lebih optimal. Berikut ini akan di bahas contoh ilmu dan teknologi kedokteran terbaru dan modern.

MRI
Teknologi kedokteran modern
Magnetic resonance imaging (MRI) di kembangkan pada tahun 1970, teknologi baru ini memungkinkan mengambil gambar tulang dan jaringan halus di dalam tubuh. Alat ini berbentuk selinder pemindai (scanner). Seseorang yang akan di periksa menggunakan teknologi MRI di tempatkan di tengah silinder.

Cara kerja alat ini adalah dengan menembakan energi magnetik, energi magnetik tersebut membuat atom-atom orang yang di periksa bergetar atau beresonansi. Selanjutnya komputer menganalisis pada pola getaran tersebut dan akan menghasilkan gambar di area yang beresonansi dengan alat MRI.

MRI memungkinkan mengambil gambar jaringan tubuh, otot, dan jaringan halus. Gambar yang di hasilkan sangat jelas, keuntungan menggunakan teknologi MRI adalah saat pemerisaan MRI tidak membahayakan sel-sel tubuh, tetapi pemeriksaan menggunakan MRI saat ini masih sangat mahal.

Teknologi MRI saat ini hanya ada di rumah sakit-rumah sakit besar dan modern. MRI biasanya di gunakan untuk memeriksa otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, empedu, pangkreas dan organ vital lainnya, untuk melihat dan mendeteksi suatu penyakit lebih dini.

USG (Ultrasonografi)

Teknologi kedokteran modern
Pemeriksaan USG biasanya di gunakan ibu hamil untuk melihat perkembangan kehamilan di antaaranya: Memperkirakan kelahiran bayi, melihat jenis kelamin bayi, melihat apakah bayi yang di kandung kembar atau tidak, melihat posisi bayi dalam kandungan dll. Pemeriksaan menggunakan USG sangat aman untuk kesehatan, baik untuk ibu maupun bayi yang di kandungnya.

Taukah Anda dengan menggunakan teknologi USG 4G kita bisa melihat keadaan bayi secara detail dan akurat, karena teknologi USG 4G mengambil dari 4 dimensi yakni panjang, lebar, kedalam dan gerak (dimensi waktu), jadi menggunakan teknologi USG 4G memungkinkan mengambil gambar lebih jernih kita bisa melihat dengan jelas saat bayi tersenyum dll.

Bayi Tabung

Teknologi kedokteran modern
Apa yang ada di pikirkan Anda ketika mendengar kata bayi tabung. Bayi yang di lahirkan dari tabung?, bayi yang di pelihara dalam tabung? Kalau Anda bingung tentang bayi tabung mari kita simak pembahasan berikut ini. Bayi tabung adalah sebuah teknologi kedokteran modern yang membantu menyelesaikan masalah reproduksi pada manusia, misalnya seseorang yang sudah menikah lama tapi belum di karuniai anak, sudah segala cara di lakukan dari cara tradisional sampai cara modern tetapi belum juga di karuniai anak, dengan program bayi tabung permasalahan itu bisa teratasi.

Istilah bayi tabung merupakan program untuk memperoleh keturunan (anak) dengan cara mempertemukan sel sperma ayah dan sel telur ibu yang di pertemukan di dalam tabung (cawan petri). Setelah sel sperma dan sel telur bertemu calon bayi pun akan terbentuk, selanjutnya calon bayi di pindahkan ke dalam perut ibu. Ibu pun menjalani kehamilah seperti ibu lain pada umumnya sampai bayi di lahirkan.

Namun teknik bayi tabung merupakan pilihan terakhir bila tidak ada pilihan lain untuk memperoleh keturunan, karena memang teknik bayi tabung membutuhkaan biaya yang sangat mahal dan teknik bayi tabung masih menjadi kontroversi dalam agama, (khususnya Islam).

Setelah melalui penelitian yang cukup lama ahirnya pada tahun 25 Juli 1078 lahirlah bayi tabung pertama kali di dunia yang di berinama Lauise Brown, bayi ini berjenis kelamin perempuan di lahirkan di rumah sakit Bristol di lindon, Inggris. Lause kini menetap di inggris dan aktif bekerja di sebuah pusat perawatan bayi. Teknologi bayi tabung kini menjadi sumber harapan bagi pasangan yang tidak di karuniai keturunan, sudah sekitar 70 % orang yang mengunakan program bayi tabung dan mereka dapat memperoleh keturunan.

Di Indonesia sendiri teknologi bayi tabung sudah cukup populer. Pada 2 Mei 1988 telah di lahirkan bayi tabung pertama yang bernama Nugroho Karyanto, bayi tersebut di lahirkan di rumah sakit anak dan bersalin (RSAB) Harapan Kita, Jakarta. Sampai sekarang RSAB Harapan Kita setidaknya sudah memproses 300-an bayi tabung.

Pada ahir tahun 1980-an program bayi tabung menghabiskaan biaya sekitar 5 jutaan rupiah. Kini biaya bayi tabung mencapai puluhan juta rupiah, proses yang memakan biaya besar adalah untuk suntikan perangsang indung telur pada calon ibu. Proses bayi tabung tidak bisa di lakukan sembarangan, setiap pasangan yang ingin mengikuti program bayi tabung harus mengerti betul bagaimana proses bayi tabung. Kini telah banyak klinik bayi tabung di Indonesia misalnya: RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta, RS Dokter Soetomo Surabaya, RS Dokter Sardjito Yogyakarta dan RS Tegalrejo Semarang.

Hemodialisis

Teknologi kedokteran modern
Manusia di ciptakan dengan sangat sempurna oleh Tuhan. Begitu pun perangkat-perangkat yang menyertai misalnya jantung, hati, ginjal, paru-paru dll. Perangkat-perangkat itu bekerja sesuai dengan fungsinya sehingga manusia bisa hidup. Di antara perangkat-perangkat itu ada namanya ginjal yaitu suatu organ yang fungsinya mengeluarkan air dan sampah metabolisme di dalam tubuh, di keluarkan dalam bentuk air seni atau kencing, selain itu ginjal berfungsi membentuk sel darah merah.

Setiap orang memiliki 2 buah ginjal yang terletak di belakang rongga perut di sebelah kiri dan kanan tulang belakang. Ginjal juga bisa mengalami rusak, bila ginjal rusak seseorang akan mengalami penurunan kesehatan yang serius dan biasa di sebut gagal ginjal. Ada dua jenis gagal ginjal yaitu: gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal akut bisa terjadi secara mendadak dan dapat sembuh secara cepat, penyebabnya di antaranya dehidrasi, pendarahan hebat, keracunan makanan, karena obat-obatan tertentu dll. Sedangkan gagal ginjal kronis biasa terjadi secara perlahan atau dalam jangka waktu yang lama dan tidak dapat di sembuhkan. Penderita gagal ginjal kronis dapat di bantu dengan hemodialisis atau cuci darah.

Hemodialisis atau cuci darah adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai ginjal pengganti yang bertujuan membuang hasil metabolisme dan cairan yang tidak dapat di keluarkan dari tubuh karena rusaknya ginjal atau gagal ginjal. Penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah secara rutin setidaknya 2 kali seminggu, masing-masing selama 4 jam.

Cara kerja mesin hemodialisis adalah menggunakan membran tiruan untuk mengatur komposisi darah. Darah pasien di alirkan melewati memran dialisis tiruan yang ada pada mesin dialisis. Selanjutnya mesin dialisis yang menyaring darah menggantikan fungsi ginjal. Keberhasilan proses cuci darah dapat di lihat melalui beberapa tanda-tanda, misalnya pasien tidak mengalami bengkak-bengkak dan pasien tidak mengalami sesak nafas yang diakibatkan adanya cairan di paru-paru.

Referensi:
  • Pipit Pitriana, Diah Rahmatia. 2007. Teknolgi dan kesehatan tubuh kita. Jakarta: Ganaca Exact. 
  • Sumber Gambar: www.news-medical.net, www.sammariebasra-hospital.com, https://nakita.grid.id/, https://caraku-1.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Anda Harus Tau 4 Teknologi Kedokteran ini yang Banyak Membantu Kehidupan Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel