Sejarah Ilmu Kedokteran dari Beberapa Bangsa di Dunia

Sejarah Ilmu Kedokteran Dunia
Sakit adalah salah satu siklus yang di alami manusia, setiap manusia pasti pernah mengalami sakit, sejak saat itu manusia mulai mempelajari ilmu pengobatan. Zaman dulu orang percaya bahwa penyakit datang dari roh jahat, oleh sebab itu cara pengobatan biasanya memanfaatkan dukun dengan Jampi-jampi, ritual, ramuan dan doa-doa yang bersifat magis. Seiring dengan kemajuan teknologi banyak trobosan baru dalam dunia kedokteran baik tenaga medis, obat maupun alat-alat yang di gunakan.

Ilmu kedokteran adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kesehatan mencakup: Mendiagnosis, mengobati dan mencegah penyakit. Ilmu kedokteran yang ada saat ini begitu maju, tidak muncul begitu saja tetapi melalui proses panjang dari waktu ke waktu. Banyak bangsa mempunyai cara-cara pengobatan kuno. Berikut ini beberapa Bangsa yang memiliki pengobatan kuno yang wajib Anda tau:

Arab
Sejarah Ilmu Kedokteran Dunia
Sekitar abad ke-7 M, terdapat banyak ilmuan Arab yang sangat hebat, bahkan menjadi rujukan bangsa-bangsa barat. Ilmuan-ilmuan Arab menguasai berbagai ilmu pengetahuan, Ilmu kedokteran, pengobatan dan kesehatan masyarakat. Beberapa dokter atau ilmuan yang berasal dari Arab misalnya Al-Razi beliau adalah dokter pertama yang dapat mengidentifikasi penyakit campak dan cacar.

Al-Razi pada zamanya adalah dokter yang hebat dan banyak membuat karya berupa buku di bidang kedokteran. Karena kemasyhurannya itu Al-Razi di dunia barat di sebut “The Arabic Galen”. Al-Hawi adalah buku karangan Al-Razi, buku yang bertema “Ensiklopedia terapeutik” ini sangat tebal bila di timbang beratnya sekitar 10 kg. Buku ini sekarang menjadi rujukan bangsa-bangsa di Eropa.

Cina

Sejarah Ilmu Kedokteran Dunia
Ahli kesehatan Cina percaya penyakit di sebabkan ketidakseimbangan Ying dan Yang pada tubuh. Perawatan atau obat yang di berikan untuk orang yang sakit adalah dengan menyeimbangkan kembali Ying dan Yang, sehingga seseorang yang sakit bisa sembuh. Sampai saat ini obat tradisional dan teknik pengobatan Cina masih di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Teknik pengobatan Cina yang masih di gunakan hingga saat ini misalnya Akupuntur (sebuah teknik penyembuhan dengan menusukkan jarum di bagian tubuh tertentu agar sembuh dari sakit). Cina memiliki buku pengobatan kuno yang berjudul “Nei ching”, buku ini di tulis oleh kaisar Huang Ti sekitar tahun 479-300 SM. Pada umumnya pengobatan Cina masih merujuk pada buku tersebut.

Dokter-dokter Cina (tabib) sangat ahli mengobati luka selain itu patah tulang, alergi dan penyakit berbahaya lainnya. Mereka mendiaknosis pasien dengan bertanya tentang gejala yang di rasakan, makanan yang di makan dan penyakit yang pernah di derita sebelumnya. Selain itu mereka juga ahli dalam memeriksa denyut nadi.

Mesir

Sejarah Ilmu Kedokteran Dunia
Negeri firaun ini dari jaman dulu sudah sangat terkenal dengan kemajuan teknologi, terbukti banyak bangunan-bangunan pra sejarah yang terkenal misalnya piramida. Tak ketinggalan Mesir juga sangat maju di bidang kedokteran. Sekitar tahun 2.600 SM di Mesir sudah terdapat dokter atau ahli pengobatan.

Tercatat dokter pertama di Mesir (2.600 SM) bernama Imhotep. Imhotep terkenal ahli di bidang faal dan penyakit. Dokter-dokter di Mesir belajar di sekolah-sekolah (kuil pada masa itu), mereka belajar bagaimana bertanya, memeriksa, mendiaknosa serta merawat orang sakit, selain itu mereka juga terbiasa memberi resep obat kepada pasien yang sakit. Resep obat tersebut berisi obat yang sampai saat ini masih di gunakan. Menurut catatan sejarah, orang mesir pada masa lalu sudah mengenal dokter gigi sebagai profesi yang penting dan di butuhkan.

Referensi:
  • Pipit Pitriana, Diah Rahmatia. 2007. Teknolgi dan kesehatan tubuh kita. Jakarta: Ganaca Exact. 
  • Sumber Gambar: www.google.com, www.hidayatullah.com, www.idntimes.com, www.pixabay.com, www.republika.co.id, www.bles.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Sejarah Ilmu Kedokteran dari Beberapa Bangsa di Dunia"

  1. termashyur ke 3 negara ini dibidang kedokteran. mereka udah mulai pakai barang-baranag kimia sejak zaman dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi gan, ke 3 negara tersebut peradaban di bangun sejak lama :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel