Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Pepaya atau bahasa latinya Carica papaya adalah buah yang dapat tumbuh hampir di semua wilayah Indonesia, karena buah yang satu ini mudah tumbuh serta mudah dalam merawatnya. Untuk mendapatkan buah pepaya pun sangat mudah, hampir di setiap kios buah, pasar tradisional sampai super market besar buah pepaya di jual.

Di beberapa wilayah nama pepaya berbeda-beda, misalnya: Papaw dalam bahasa Inggris, Pepaya dalam bahasa Indonesia, Gedang dalam bahasa sunda, Kates dalam bahasa Jawa dll. Taukah kalian seluruh bagian dari pepaya bisa di jadikan obat lo dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pepaya merupakan jenis tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya memiliki bunga yang berwarna putih bila sudah menjadi buah yang masak akan berwarna kuning keemasan. Buah pepaya bila masih muda rasanya agak pahit bergetir bila sudah tua dan masak memiliki rasanya manis yang khas. Tinggi pohon pepaya mencapai 9 sampai 12 meter dengan akar yang kuat. Daun pepaya menyerupai telapak tangan manusia dengan batang penyangga yang memiliki rongga yang menyerupai trompet.

Kandungan Kimia pada Pepaya

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata daun dan bunga pepaya juga bermanfaat misalnya untuk sayur. Pepaya merupakan tanaman yang kaya akan nutrisi atau zat kimia. Baik daun, bunga maupun buahnya. Berikut ini kandungan kimia pepaya setiap (100 gr) adalah sebagai berikut.
NO
PEPAYA MASAK
PEPAYA MUDA
DAUN PEPAYA
NUTRISI
JUMLAH
NUTRISI
JUMLAH
NUTRISI
JUMLAH
1
Kalori
46 kal
Kalori
26 kal
Vitamin A
1.8250 SI
2
Vitamin A
365 SI
Lemak
0,1 gr
Vitamin B1
0,15 mg
3
Vitamin B1
0,04 mg
Protein
2,1 gr
Vitamin C
140 mg
4
Vitamin C
78 mg
Hidrat A
4,9 gr
Kalori
79 kal
5
Kalsium
23 mg
Kalsium
50 mg
Protein
8,0 gr
6
Hidrat A
12,2 gr
Fosfar
16 mg
Lemak
2 gr
7
Fosfar
12 mg
Besi
0,4 mg
Hidrat A
11,9 gr
8
Besi
1,7 mg
Vitamin A
50 SI
Kalsium
353 mg
9
Protein
0,5 mg
Vitamin B1
0,02 mg
Fosfar
63 mg
10
Air
86,7 gr
Vitamin C
19 mg
Besi
0,8 mg
11
-
-
Air
92,4 gr
Air
75,4 gr
Di samping itu buah pepaya juga mengandung unsur anti biotik yang dapat di gunakan mengobati berbagai macam penyakit yang minim efek samping. Buah pepaya juga mengandung banyak serat baik yang dapat memperbaiki sistim pencernaan, selain itu dapat membuat air seni bereaksi asam yang secara ilmiah di sebut caricaksatin dan violaksatin.

Kandungan carposide pada daun pepaya berhasiat sebagai obat cacing. Di samping pada daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

Beberapa penyakit yang dapat di obati dengan Pepaya

Pepaya bisa mengobati berbagai penyakit misalnya: Batu ginjal, Hipertensi, Malaria, Keputihan, Asi tidak lancar, Reumatik, Malnutrisi, Gangguan saluran kencing, Haid berlebihan, Sakit perut saat hait, Disentri, Diare, Jerawat, Masalah pencernaan, ubanan dan lain-lain.

Contoh Pemakaian

Mengobati batu ginjal. Bahan: Daun pepaya segar atau baru di petik. Cara membuat dan menggunakan: Siapkan secukupnya daun pepaya (3-7 lembar) yang masih segar di rebus dengan air secukupnya di jadikan 1 gelas di minum sehari 1 kali. Lakukan berulang-ulang hingga 3 hari, di hari terahir di tambah kelapa muda di utamakan kelapa hijau

Mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi). Bahan: Siapkan 2 potong akar pepaya di rebus dengan 1 liter air sampai mendidih di jadikan 1 gelas kemudian air rebusan di saring. Di minum 2 kali sehari, pagi dan malam sekali minum 1 cangkir.

Mengobati malaria. Bahan: 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuat: Semua bahan di tumbuk halus, diperas dan di saring untuk di ambil airnya. Di minum sehari 1 kali, ulangi langkah di atas hingga 7 hari.

Mengatasi keputihan. Bahan: 1 lembar daun pepaya, 1 potong akar rumput alang-alang dan adas pulosari secukupnya. Cara membuat: Daun pepaya di cincang sampai halus kemudian di rebus dengan bahan lainnya dengan 1,5 liter air, rebus sampai mendidih dan saring airnya, diminum 1 kali sehari 1 gelas, lakukan secara teratur sampai keputihan sembuh.

Mengobati reumatik. Cara 1 = Bahan: 1 buah pepaya, 2 butir ayam kampung. Cara membuat: Buah pepaya di lotong ujungnya kemudian telur di masukkan ke dalam lubang melalui ujung yang sudah di buat tadi kemudian tutup kembali dan bakar pepaya hingga telur masak, telur yang sudah masak di konsumsi pagi dan sore. Cara 2 = Bahan: 2 potong akar pepaya dan 1 lembar daun pepaya. Cara membuat: Tumbuk kedua bahan di atas sampai halus kemudian rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, saring air rebusan dan di minum 1 hari sekali pada sore 1 gelas.

Malnutrisi (gejala kurang gizi atau busung lapar). Cara 1 = Bahan: 3 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, satu sendok teh kapur sirih. Cara membuat: Semua bahan di campur dan di tumbuk saampai halus, hasil tumbukan di oleskan pada perut balita yang sakit sebagai bedak. Cara 2 = Bahan: Satu lembar daun pepaya di rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian di saring untuk di ambil airnya, di minumkan pada balita yang menderita malnutrisi 2 sendok makan satu hari sekali.

Gangguan saluran kencing. Bahan: 3 potong akar pepaya, di rebus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian di saring, di minum sehari 1 kali ½ gelas.

Haid berlebihan. Bahan: Siapkaan buah pepaya yang masih hijau (muda). Cara mengolahnya buah yang masih muda itu di rebus dengan sampai masak, silahkan konsumsi rebusan buah pepaya muda 1 hari 2 kali pagi dan sore.

Referensi:
  • Sopandi. 2009. Tanaman Obat Tradisional (Jilid I). Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.
  • Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Unggaran: Trubus Agriwidya.
  • Gambar: https://pixabay.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan"

  1. aku makansiangnya ya buah papaya ini

    ReplyDelete
  2. Saya doyan pepaya ut diet hehe. Jadi dengan makan pepaya, bikin begah, so nasinya bisa dikit

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel