3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat
Sering kita mendengar pepatah “Mensana in corpore sano”, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan tubuh adalah modal utama bagi seseorang untuk bisa beraktifitas dan melakukan berbagai kegiatan misalnya: Bekerja, bermain, liburan bahkan untuk bisa tidur nyenyak dibutuhkan tubuh yang sehat. Senada dengan pepatah di atas dengan tubuh yang sehat maka jiwa dan pikiran pun menjadi tenang dan kuat.

"Satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan Anda adalah makan apa yang tidak Anda inginkan, minum apa yang tidak Anda sukai dan melakukan apa-apa yang tidak Anda ingin", (Mark Twain).

Lantas muncul sebuah pertanyaan. Bagaimana cara menjaga kesehatan?

Banyak cara agar tubuh kita tetap sehat dan kuat misalnya: Selalu mengkonsumsi makanan sehat, olaraga teratur dan istirahat yang cukup, ketiga cara itu bila di lakukan dengan konsisten pasti kesehatan Anda akan terjaga.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat
Di sekitar kita bayak sekali varian makanan yang di jual bebas, dari yang alami misalnya singkong, jagung bakar, pisang, keladi dll. Ada juga makanan olahan atau bahkan makanan instan misalnya: Ayam kentucky, hamburger, stick, mi instan, ikan kaleng dll. Lalu apa makanan sehat itu?.

Dulu di SD (Sekolah dasar) sering kita mendengar materi yang di ajarkan Pak Guru tentang “Empat sehat lima semprna”, yang memiliki arti makanan yang memiliki gizi seimbang yang di butuhkan tubuh, misalnya: Makanan yang berkarbohidrat, vitamin, protein dan mineral yang di perlukan tubuh agar sehat dan dapat beraktifitas.

(a). Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu jenis makanan yang di butuhkan tubuh. Pada sistim tubuh baik hewan maupun manusia senyawa ini sangat penting sebagai cadangan energi yang tersimpan di dalam sel sebagai glikogen.

Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar (penggerak) agar makhluk hidup bisa beraktifitas. Sumber karbohidrat umumnya terdapat pada makanan pokok misalnya: Nasi, ketela, jagung, umbi, sagu, gandum, kentang dll.

(b). Protein

Taukah Anda? Bahwa protein adalah komponen terbesar dari tubuh manusia setelah air. Jumlahnya 1/6 dari berat tubuh manusia dengan perincian 1/3 ada di dalam otot, 1/5 pada tulang dan 1/10 terdapat pada kulit, lalu sisanya ada pada cairan yang lain.

Protein umumnya berasal dari 2 sumber yaitu dari nabati dan hewani. Sumber protein nabati misalnya: Kacang-kacangan (kedelai, kacang tanah, mente dll) sedangkan protein dari hewani adalah daging (mamalia, unggas, ikan dll).

Protein sangat penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai zat pembangun, pengatur dan juga sebagai bahan bakar untuk membentuk jaringan baru di dalam tubuh.

(c). Vitamin

 
Vitamin merupakan senyawa organik yang berfungsi membantu organisme untuk melakukan metabolisme dalam proses enzimatik yang di ubah mmenjadi energi. Vitamin ada berapa macam misalnya: Vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, vitamin B6, vitamin, B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K dll.


(d). Mineral

Mineral berfungsi sangat penting yaitu untuk melengkapi unsur-unsur mineral sebelumnya yang sudah di gunakan. Untuk berfungsi maksimal Tubuh memerlukan lebih dari 70 mineral.

Mineral yang di perlukan tubuh lewat makanan misalnya: Na (natrium), Fe (ferum/zat besi), Ca (kalsium/zat kapur), S (sulfur), Zn (zink/seng), F (flor), Mg (magnesium) dll.
Sumber mineral banyak macamnya misalnya: Daging yang mengandung zat besi, telur yang mengandung kalsium, garam yang mengandung yodium, ikan yang mengandung magnesium dan lain sebagainya.

2. Berolahraga secara teratur

3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat
Olahraga adalah sebuah aktifitas untuk melatih tubuh seseorang melakukan gerakan tertentu untuk mendapatkan kebugaran yang diinginkan. Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dengan berolahraga metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efesien.

Olahraga banyak macamnya dan tidak harus mengeluarkan biaya mahal, contohnya: Joging atau lari kecil, bersepeda, senam, bermain bola dll.

Olahraga bisa di lakukan siapa saja, dari anak-anak sampai orang tua dan tidak harus dengan menguras tenaga, karena setiap usia memiliki kekuatan yang berbeda maka lakukan sesuai porsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

3. Beristirahat dengan cukup

3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat
Salah satu bentuk beristirahat adalah tidur. Tidur setiap orang berbeda- beda misalnya pada anak- anak waktu tidur efektif adalah 8-9 jam dan saat menginjak dewasa waktu tidur minimal 6 jam.

Taukah Anda bila seseorang kurang tidur, kesehatannya akan terganggu. Seseorang akan terganggu kesehatannya ketika waktu tidur kurang dari 7-9 jam sehari. Kurang tidur menyebabkan hilangnya hormon yang menatur nafsu makan. Akibatnya keinginan menyantap makanan berlemak dan karbohidrat tinggi meningkat atau memicu nafsu makan yang berlebihan, hal ini bila terjadi terus menerus menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Dampak lain dari kurang tidur misalnya: Rentan terserang diabetes, stres meningkat, memicu rasa gelisah, tampak lebih tua, timbul berbagai rasa sakit seperti sakit punggung, resiko terserang kanker lebih tinggi.

Referensi:
  • Ishika Lestari, 2010. Sehat dengan berolahraga dan pola makan sehat. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.
  • Azis dan Sriana. 2014. Kembali sehat dengan obat (Mengenal manfaat dan bahaya obat). Jakarta: Pustaka Populer Obor.
  • Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 2004. Malnutrisi Energi protein. Dalam: Standar Pelayanan Medis Kesehatan Anak. Edisi I. Jakarta.
  • www.dinkes.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel