Ternyata Tidur dapat Memperkuat Ingatan lo?

Ternyata Tidur dapat Memperkuat Ingatan lo?
Sebagai manusia, kita menghabiskan sepertiga hidup untuk tidur. Pernyataan itu ada benarnya. Para ilmuwan menemukan bahwa tidur membantu menggabungkan ingatan, melembutkannya di otak sehingga dapat diambil kemudian.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mimpi dapat menata kembali ingatan, mengambil perincian emosional dan mengatur ingatan untuk membantu menghasilkan ide-ide baru yang kreatif itu menurut penulis artikel di Current Direction in Psychological Science yang merupakan Asosiasi Psikologis.

"Mimpi memperkuat ingatan",. Kata Jessica D. Payne dari Universitas Notre Dame yang ikut menulis laporan dengan Elizabeth A. Kensinger dari Boston College. "Mimpi itu tampaknya melakukan sesuatu yang menurut saya sangat menarik karena dapat mengatur ulang ingatan dan merestrukturisasi ingatan".

Payne dan Kensinger mempelajari apa yang terjadi pada ingatan selama tidur dan menemukan bahwa seseorang cenderung bergantung pada bagian paling emosional dari ingatan. Misalnya, jika seseorang diperlihatkan adegan dengan objek emosional seperti sisa-sisa kecelakaan mobil di halaman rumah, mereka cenderung mengingat objek emosional dari pada objek lain seperti pohon di belakang, terutama jika mereka diuji setelah tidur malam. Mereka juga mengukur aktivitas otak selama tidur dan menemukan bahwa bagian otak yang terlibat dalam kombinasi emosi dan ingatan ternyata aktif.

"Dalam masyarakat kita yang serba cepat, salah satu hal pertama yang tidak menarik perhatian adalah impian kita," kata Payne. "Saya pikir ini didasarkan pada kesalah pahaman besar bahwa otak ketika tidur tidak melakukan apa-apa". Ketika tidur otak sedang sibuk, tidak hanya menggabungkan memori, otak juga mengatur memori dan memilih informasi yang paling menonjol. Inilah yang membuat orang memiliki ide kreatif baru.

Payne menyelidiki dengan serius. Pernyataannya "Saya memberi kesempatan tubuh untuk tidur delapan jam setiap malam". Saya biasanya tidak melakukan ini sampai saya mulai melihat data saya, katanya. Orang-orang yang mengatakan mereka akan tidur nanti ketika mereka mati sebenarnya mengorbankan kemampuan mereka untuk memiliki ide-ide bagus sekarang, katanya dan tidur dapat memperkuat ingatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ternyata Tidur dapat Memperkuat Ingatan lo?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel