10 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Daun Kelor
Mungkin selama ini masyarakat menganggap bahwa manfaat daun kelor identik dengan hal Mistis. Anggapan ini tidak salah, karena memang dalam keseharian masyarakat kita, daun kelor biasanya digunakan sebagai metode untuk mengusir makhluk  halus, mengeluarkan susuk, tumbal dll. Selain itu daun kelor juga biasa digunakan sebagai campuran bahan untuk memandikan jenazah (orang yang suah meninggal) yang konon berfungsi mengusir aura negatif yang menempel pada jenazah. Namun tahukah Anda ternyata daun kelor sangat bermanfaat lo, untuk kesehatan tubuh kita?.

Daun kelor mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan manfaat daun kelor mampu membantu tumbuh kembang anak di masa pertumbuhan. Selain itu daun kelor di percaya bisa di gunakan sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di dalam daun kelor terdapat kandungan asam amino esensial yang bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Maka daun kelor sangat disarankan di konsumsi ibu hamil agar kondisi tubuh dan janin dalam kandungan menjadi lebih sehat. Apakah sampai di situ saja manfaat daun kelor? Ternyata tidak, masih  banyak manfaat lain dari daun kelor. Berikut ini daftar manfaat daun kelor untuk kesehatan yang mesti Anda ketahui.

1. Mengobati kanker

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters, manfaat daun kelor yang pertama adalah menyembuhkan penyakit kanker. Daun kelor yang telah diekstrak dan larut dalam air sanggup menyembuhkan kanker secara alami. Adapun kanker yang dapat diobati dengan daun kelor yaitu: Kanker payudara, Kanker paru, Kanker kulit dll. Hal tersebut karena daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang sanggup menangkal radikal bebas dan juga mencegah perkembangan sel kanker.

2. Menyehatkan mata

Mungkin terdengar meragukan daun kelor dapat menyehatkan mata. Pasalnya banyak anggapan bahwa kesehatan mata didapat dari makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah misalnya wortel, tomat, ataupun pepaya. Tetapi mesti Anda ketahui, meskipun daun kelor tidak berwarna merah, faktanya daun ini mempunyai kadar vitamin A yang cukup banyak. Disebutkan dalam 100g daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A. Tentunya kuantitas tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan wortel, tomat dan pepaya.

3. Menurunkan kadar gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang menyebutkan bahwa khasiat daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur sanggup menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk menambah sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Maka tidak heran, jika banyak orang di India yang memakai daun kelor sebagai obat herbal dalam turunkan kadar gula.

4. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingginya tingkat radikal bebas sanggup memicu stres oksidatif, yang terjalin bersama dengan penyakit kritis layaknya penyakit jantung dan diabetes style 2. Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan di dalam kandungan daun kelor, misalnya vitamin C dan beta karoten.

Selain itu terdapat juga Quercetin yaitu antioksidan kuat yang dapat menurunkan tekanan darah, kandungan berikutnya adalah asam klorogenik senyawa ini ditemukan juga dalam kopi, asam klorogenat berfungsi mengurangai tingkat gula darah sesudah makan.

Sebuah studi yang di lakukan pada wanita menemukan bahwa: Wanita yang mengkonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan seara konsisten dapat menambah kadar antioksidan dalam darah.

Ekstrak daun kelor bisa juga digunakan sebagai pengawet makanan alami, misalnya mengawetkan daging, ikan, dll. Karena daun kelor terdapat senyawa yang dapat mengurangi oksidasi.

5. Menurunkan kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi sangat beresiko mengalami serangan jantung. Untungnya banyak makanan nabati yang secara efisien sanggup mengurangi terjadinya kolesterol. Misalnya terdapat pada biji rami, oat dan almond.

Studi lain yang berbasis hewan dan manusia menyatakan bahwa, daun kelor dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh seperti halnya biji rami, oat dan almond.

6. Tambahan Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui memerlukan gizi yang cukup supaya kesehatan ibu dan bayinya tetap terjaga. Mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui karena daun kelor mengandung banyak zat besi, selain itu daun kelor baik juga untuk wanita yang mengalami anemia karena datang bulan.

7. Sebagai Anti-Aging

Tidak hanya kaya dengan vitamin A, ternyata daun kelor juga mempunyai manfaat yang baik sebagai antioksidan. Bagi Anda yang telah memasuki masa menopause, mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat memperlambat pengaruh penuaan secara siginfikan. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada daun kelor dapat mencegah pengaruh radikal bebas, sekaligus memperlambat pengaruh penuaan dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

8. Menyehatkan Pencernaan

Anda mempunyai masalah pencernaan misalnya sakit maag?. Jika iya, maka disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin. manfaat daun kelor bila di konsumsi secara rutin dapat menyehatkan pencernaan. Perlu Anda ketahui bahwa daun kelor bisa berfungsi sebagai anti inflamasi yang melindungi area pencernaan, itu artinya bila Anda memiliki gejala penyakit maag dan rutin mengkonsumsi daun kelor lama-kelamaan akan membaik secara signifikan.

9. Menjaga Fungsi Otak 

Banyak orang yang mengeluh mempunyai masalah dengan mood atau situasi hati. Beberapa orang mungkin mempunyai masalah psikis misalnya stres, depresi, galau dll. Terkait masalah ini, daun kelor sangat baik untuk melindungi otak supaya mood dan pikiran tetap stabil. Daun kelor mempunyai manfaat sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid untuk melindungi kestabilan psikis. Artinya dengan mengkonsumsi daun kelor secara teratur akan mengurangi stres, depresi, galau  yang di alami seseorang.

10. Mengobati Cacingan

Daun kelor mempunyai manfaat lain bagi kesehatan yaitu untuk menyembuhkan cacingan. Obat tradisional cacingan di buat dengan cara mencampurkan 3 lembar daun kelor, 3 lembar daun cabai dan 3 lembar daun meniran di rebus bersamaan. Air hasil rebusan ke 3 daun tersebut diminumkan ke anak yang mengalami cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, lebih-lebih cacing kremi dan cacing pita.

Itulah 10 manfaat daun kelor untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya, bila ada yang ingin menambahkan manfaat lain dari daun kelor, silahkan menuliskan dalam kolom komentar, terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "10 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Anda Ketahui"

  1. Ane baru tau min ternyata daun kelor banyak manfaatnya.... Thanks min ulasannya

    ReplyDelete
  2. Yang awalny saya gatau jd tau, makasih yaa

    ReplyDelete
  3. Wah ane baru tau manfaat daun kelor kirain selama ini gak ada kegunaan apa apa 😁

    Jangan lupa kunjungi balik :

    BLOG TENTANG TIPS-TIPS PALING MENARIK

    ReplyDelete
  4. ternyata bnyk juga ya manfaat dari daun kelor yaa

    ReplyDelete
  5. Sore mas... Iya nih ternyata daun kelor itu banyak bgt looh manfaatnya... Sy pwrnah sekali cobain di buat pecel ama campuran telur dadar.. Ternyata enak banget dan lembut banget di mulut.. Coba deh sekali" nyoba di bening taburi pk bawang goreng... Nyamm nyammm deliciosoo. 😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih Mbak Heni, Ane nggak ragu kalau Mbak Heni yang masak pasti enak wkwkekkw

      Delete
  6. daun kelor di sayur juga enak ya, sekali2 makan sayur daun kelor manfaatnya bisa diambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Bunda Tira, Terimakasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  7. Saya pernah juga minum daun kelor karena penasaran dengan manfaatnya, tapi rasanya nggak doyan jadi nggak rutin deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Mbak, agak pahit dan lengur kalau di Jus, biar enak harus di tambah gula atau madu dan teruk nipis :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel