Manfaat Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan
Dulu pasti kamu sering sekali melihat dan bahkan pernah memakan buah ini, tetapi sekarang buah ini tergolong langka sampai dijual dengan harga tinggi. Jika di masa lalu kita dapat menikmati buah ini secara gratis dengan mencarinya di ladang, sekarang sangat sulit untuk menemukan buah yang penuh khasiat ini.

Harga buah Ciplukan di Brunei Darussalam bisa mencapai 10 ribu per biji. Sementara di Jakarta harga buah ceplukan bernilai hingga 500 ribu per kilogram. Lalu apa saja manfaat dari buah yang satu ini?, mari kita simak bersama.

1. Membantu mengobati penyakit lupus

Ceplukan adalah salah satu tanaman obat yang sangat cocok untuk melengkapi terapi penyakit lupus. Penelitian dalam buah ceplukan (Physalis angulata L) sebagai terapi komplementer untuk pasien lupus atau odapus telah melewati uji klinis. Sekarang hasil penelitian ini telah memasuki tahap produksi dan telah terbukti secara klinis.

2. Perawatan luka

Tanaman ceplukan dapat mengobati luka, terutama luka terbuka yang terserang bakteri atau sering disebut borok. Khasiat antiinflamasi yang terkandung dalam daun ceplukan dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya sangat mudah, cukup letakkan daun di area kulit yang terluka.

3. Mencerahkan kulit

Hari gini siapa sih yang tidak mau memiliki kulit yang cerah?. Ciplukan bisa mencerahkan kulit, karena buah ciplukan mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari anggur. Buah ini dapat membantu kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Obat untuk diabetes mellitus.

Diabetes atau diabetes adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia, dengan buah ciplukan bisa mengobati diabetes. Karena ceplukan mengandung senyawa penetral racun yang dapat menghancurkan biang diabetes.

Caranya, ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah beserta akarnya, bersihkan dan letakkan di bawah sinar matahari sampai layu, setelah itu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, minumlah rebusan pohon ciplukan 1 x sehari.

5. menyembuhkan penyakit Paru-paru

Selain memiliki sifat penetral racun, ceplukan juga merupakan analgesik (analgesik) dan penggerak fungsi kelenjar (yang mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh).

Itulah sebabnya mengkonsumsi ciplukan dapat membantu menyembuhkan sakit paru-paru, batuk rejan dan bronkitis (radang saluran udara).

Caranya ambil satu pohon ceplukan penuh terdiri: Buah, daun, batang dan akar. Cuci dan rebus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih setelah itu saring dan minum 3 kali sehari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "Manfaat Buah Ciplukan"

  1. Saya dulu pernah makan ini katanya sih manis tetapi pas saya coba gak enak rasanya. Ternyata meski Cuman tanaman liar banyak manfaatnya juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu karena buah ciplukannya masih muda Gan, Kalau sudah tua dan matang rasanya enak kok manis hehe

      Delete
  2. Saya baru tahu ternyata ciplukan bisa untuk obat. Nice info

    ReplyDelete
  3. Saya sering makan ini buah ciplukan, saya kira ini buah tidak banyak manfaatnya ternyata banyak

    ReplyDelete
  4. Dulu sering lihat buah ini.. nggak taunya banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  5. Wih makasih nih infonya ,sangat bermanfaat sekali , soalnya di daerah saya banyak yang kaya gitu.

    ReplyDelete
  6. Inget jaman sd main2 k kebun makan ini.. g enak sih, tapi manfaatnya lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Gan Ane juga dulu tanaman nie banyak tumbuh di pekarangan kosong, tapi kyaknya sekarang jarang :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel